Stop cemburu pada mantan

Categories Hubungan
cemburu pada mantan
Stop cemburu pada mantan
5 (100%) 3 votes

CEMBURU mungkin merupakan bumbu dalam relationship, tapi mencemburui mantan kekasih dari pasangan kita sesungguhnya nggak perlu dan hanya bikin lelah.

Semua punya masa lalu
Rasa cemburu pada mantan dari pasangan kita biasanya muncul saat kita memikirkan berbagai hal yang pernah mereka miliki dalam hubungan mereka dahulu. Padahal, semua hal-hal itu terjadi di masa lalu. Sadari bahwa apa yang terjadi di masa lalu itu sudah lewat, dan masa lalu si dia lah yang telah mengantarnya sampai ke pelukan kita saat ini. Lagipula, kita juga punya masa lalu, kan?

Berhenti membandingkan diri
Pemicu lainnya kecemburuan terhadap mantan dari pasangan kita adalah sikap membanding-bandingkan diri. Minder karena mantan terdahulu lebih cantik atau sombong karena kita punya karier lebih gemilang ketimbang sang mantan—keduanya adalah perilaku yang tidak perlu. Semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Be confident of who you are, and have respect to what others have!

Hubungan baik itu perlu
“Mantannya masih sering berkomentar di Path pacarku, gerah deh melihatnya! Udah jadi mantan kok masih caper aja?!” ungkap Reni (26). Kecemburuan memang bisa timbul saat kita melihat pasangan kita masih akrab dengan sang mantan. Mungkin kita berharap pasangan sudah nggak punya hubungan dalam bentuk apa pun dengan mantannya. Well, pandangan seperti ini patut kita ubah. Nggak ada salahnya kok pasangan kita masih menjalin hubungan baik dengan mantannya. Hal seperti itu justru bisa menunjukkan tingkat kedewasaan pasangan (dan sang mantan) dalam mengelola emosi dan mengatasi masalah yang pernah terjadi di antara mereka.

Fokus pada hubungan kita
Daripada sibuk memikirkan hubungan si dia dengan mantannya, lebih baik dan lebih penting untuk fokus pada hubungan kita: nikmati kebersamaan dengan pasangan, bangun komunikasi yang jujur dan kepercayaan satu sama lain, juga saling menujukkan perhatian. Hal-hal ini bukan hanya efektif menyembuhkan rasa cemburu, tapi juga memperkuat relationship kita dan pasangan. Dia pun tak akan mudah tergoda untuk kembali ke mantan kalau hubungan kita harmonis, right?

Miliki kepercayaan diri yang solidStop cemburu pada mantan

Jangan pernah merasa kalau diri kita hanya lengkap dengan adanya pasangan di sisi kita. Perasaan insecure seperti ini bakal terus menggerogoti hidup kita. Tanamkan kepercayaan diri yang solid, sehingga apa pun yang terjadi dalam hubungan kita (termasuk bila pasangan akhirnya kembali ke pelukan mantannya, atau hubungan putus karena alasan lain), tak membuat kita merasa nggak berharga lagi. Jika kita sudah memiliki kepercayaan diri yang solid, niscaya kecemburuan terhadap sang mantan ataupun wanita lain bisa diredam.